ULASAN 1: RAID Explained and different kinds of RAID


Pendahuluan:

Video ini diambil dari situs YouTube (https://youtu.be/Uazebt3-i3k). Dipublish pada 29 April 2012 oleh kanal Geekyranjit. Video ini berdurasi 9 menit 18 detik dan sudah dilihat sebanyak 19,738 kali per pembuatan ulasan ini.



Ringkasan:

Video ini menyuguhkan apa itu RAID, dan macam - macam RAID. Di dalam video ini, dijelaskan bahwa RAID adalah redundant array of independent disks, yang merupakan mekanisme kerja disk. Video ini menyinggung dari mekanisme kerja RAID 0, RAID 1, RAID 5, dan RAID 6. Penjelasan video ini juga mencakup kekurangan dan kelebihan dari masing - masing RAID tersebut. 

Pembuat Video menjelaskan bahwa Raid 0 merupakan mekanisme disk sebagai penyimpanan data saja, sehingga jika rusak, tidak dapat diakses kembali. Sedangkan Raid lain memiliki mekanisme khusus untuk dapat mencegah terjadinya data loss. seperti Raid 1 yang memiliki mekanisme disk ganda berisi sama, Raid 5 memilki purity, sehingga dapat memperbaiki disk rusak maximal 1 yang rusak. sedangkan Raid 6 memiliki kemampuan untuk memperbaiki disk yang rusak maximal 2.



Pendapat:

Menurut saya, video ini memiliki bahasan yang menarik. Video ini juga mudah dipahami karena pembuat video ini menggunakan alat bantu kertas dan pena untuk membantu pemahaman dan penggambaran bagaimana perbedaan dan kinerja masing - masing RAID. Namun disayangkan, bahwa video ini tidak menjelaskan RAID selain RAID 0, 1, 5, dan 6.



Github Account : arieft23

URL Ulasan :
        http://arieftritomoos.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-1-raid-explained-and-different.html

URL Video : https://youtu.be/Uazebt3-i3k (9 menit 18 detik)
Video Author : Geekyranjit

Pemetaan konten : week09

Revisi Pertama : 20 Mei 2017

Revisi Terakhir : 23 Mei 2017

Comments

Popular posts from this blog

ULASAN 2: How Do CPUs Use Multiple Cores?

RANKING05

RANKING09